• HOME

Bisakah Entrepreneur Sosial Menghasilkan Untung?

Senin, 13 Mei 2013 - 09:29:29 WIB
artikel-bisnis Bisakah Entrepreneur Sosial Menghasilkan Untung?
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 1008 kali
Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini »

 

Artikel Wirausaha

Inilah jenis baru entrepreneurship yang banyak orang gagal utnuk pahami mengenai bagaimana menghasilkan keuntungan. Pertama-tama, mari kita pahami apa yang dilakukan oleh para entrepreneur sosial ini. entrepreneur sosial berfokus pada masalah-masalah sosial dan bekerja keras meningkatkan dan memperbaiki kondisi yang sudah ada. Jika itulah fokus mereka dalam bekerja, lalu bagaimana mereka menghasilkan uang?
 
Untuk memahami pertanyaan tersebut, mari kita tinjau sejumlah sektor industri yang digeluti oleh para entrepreneur sosial:
- Pendidikan
- Kesehatan
- Hak asasi manusia (HAM)
- Lingkungan hidup
- Pengembangan ekonomi
 
Menurut Bill Drayton, “Entrepreneur sosial tidak hanya berpuas diri dengan memberikan ikan atau mengajarkan bagaimana memancing ikan. Mereka tidak akan berhenti hingga mereka telah merombak industri perikanan.”

Entrepreneur sosial tidak hanya sekelompok individu yang berkeliling di banyak tempat membawa sekeranjang permen dan memberikannya kepada anak-anak kurang beruntung atau guru-guru relawan yang mengajar di luar jam kerja mereka secara cuma-cuma.

Para entrepreneur sosial merupakan pebisnis seperti yang lain, tetapi mereka menciptakan bisnis baru atau perusahaan baru yang akan membantu mereka mewujudkan perubahan positif dalam bidang sosial kemasyarakatan. Fokus mereka ialah untuk mengadakan perbaikan sebuah sektor industri atau bidang tertentu dengan jalan mengembangkan produk dan layanan baru yang akan membuat kehidupan masyarakat luas lebih baik dan sejahtera.

Kembali ke pertanyaan semula: Bisakah entrepreneur sosial menghasilkan keuntungan? Tentu saja mereka dapat menghasilkan untung – saat kita melihat sejumlah perusahaan ramah lingkungan yang berhasil mencapai sukses atau banyak perusahaan atau institusi yang fokus pada pendidikan, kita dapat temukan entrepreneur-entrepreneur sosial yang dapat menghasilkan keuntungan dan mewujudkan perubahan sosial yang lebih baik dalam waktu yang bersamaan.
Inilah esensi dari entrepreneurship sosial. (*Akhlis) Sumber: Eciputra.com 
 

'Bisakah Entrepreneur Sosial Menghasilkan Untung?':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Bisakah Entrepreneur Sosial Menghasilkan Untung?. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Kamis, 19 September 2013

Belum ada komentar untuk " Bisakah Entrepreneur Sosial Menghasilkan Untung?"

Posting Komentar