Jumat, 10 Mei 2013 - 09:13:50 WIB
Cara Terbaik Tangani Kritik Negatif
Diposting oleh : admineciputra - Dibaca: 1154 kali
Cara Terbaik Tangani Kritik Negatif
Diposting oleh : admineciputra - Dibaca: 1154 kali
"Feedback is the breakfast of champions," kata Ken Blanchard. Segala masukan bisa saja manis atau pahit. Dan itu harus disikapi dengan bijak oleh para entrepreneur .
Bagi seorang entrepreneur baru, mungkin belum terlalu terbiasa dengan kritik pedas. Maka dari itu, perlu diupayakan adanya pembiasaan mengenai pengelolaan masukan yang diterima. Berikut ialah beberapa poin yang perlu dicamkan dalam mengelola masukan dan kritik.
Memilah dan menghadapi kritik
1. Kritik yang ditujukan pada sebuah gagasan atau proyek.
Jangan buang tenaga untuk menampung kritik yang ditujukan secara personal. Jika sebuah kritik atau masukan ditujukan pada si penciptanya sebagai seorang pribadi/ individu, bisa dipastikan itu bukan jenis kritik yang konstruktif bagi bisnis karena cenderung kurang sehat.
2. Semua ide/ proyek bisa diperbaiki.
3. Kritik merupakan sarana untuk mendapatkan informasi yang bisa digunakan untuk menyempurnakan proyek atau ide bisnis .
4. Mengembangkan infrastruktur emosional untuk menerima kritik merupakan bagian penting dalam keberhasilan menyebarkan ide dan proyek.
Mengolah kritik
1. Evaluasi apakah kritik negatif memiliki makna bagi diri dan bisnis Anda. Kritik terhadap ide atau proyek memiliki nilai dalam arti ia memberi saran untuk Anda agar mau mengubah ide/ proyek sehingga kelak bisa lebih sukses.
2. Jika kritik bersifat kabur atau taksa (ambigu), mungkin karena ia tidak dikaitkan pada aspek tertentu dari ide atau proyek (misalnya “Ide ini tidak akan pernah berhasil”), kemudian dapatkan klarifikasi (Mengapa Anda berpikir demikian?)
3. Jika kritik memiliki nilai konstruktif, terapkanlah tindakan pemulihan.
4. Jika kritik tidak atau sedikit sekali memiliki unsur konstruktif, abaikan saja. (*AP) Sumber: Eciputra.com
Bagi seorang entrepreneur baru, mungkin belum terlalu terbiasa dengan kritik pedas. Maka dari itu, perlu diupayakan adanya pembiasaan mengenai pengelolaan masukan yang diterima. Berikut ialah beberapa poin yang perlu dicamkan dalam mengelola masukan dan kritik.
Memilah dan menghadapi kritik
1. Kritik yang ditujukan pada sebuah gagasan atau proyek.
Jangan buang tenaga untuk menampung kritik yang ditujukan secara personal. Jika sebuah kritik atau masukan ditujukan pada si penciptanya sebagai seorang pribadi/ individu, bisa dipastikan itu bukan jenis kritik yang konstruktif bagi bisnis karena cenderung kurang sehat.
2. Semua ide/ proyek bisa diperbaiki.
3. Kritik merupakan sarana untuk mendapatkan informasi yang bisa digunakan untuk menyempurnakan proyek atau ide bisnis .
4. Mengembangkan infrastruktur emosional untuk menerima kritik merupakan bagian penting dalam keberhasilan menyebarkan ide dan proyek.
Mengolah kritik
1. Evaluasi apakah kritik negatif memiliki makna bagi diri dan bisnis Anda. Kritik terhadap ide atau proyek memiliki nilai dalam arti ia memberi saran untuk Anda agar mau mengubah ide/ proyek sehingga kelak bisa lebih sukses.
2. Jika kritik bersifat kabur atau taksa (ambigu), mungkin karena ia tidak dikaitkan pada aspek tertentu dari ide atau proyek (misalnya “Ide ini tidak akan pernah berhasil”), kemudian dapatkan klarifikasi (Mengapa Anda berpikir demikian?)
3. Jika kritik memiliki nilai konstruktif, terapkanlah tindakan pemulihan.
4. Jika kritik tidak atau sedikit sekali memiliki unsur konstruktif, abaikan saja. (*AP) Sumber: Eciputra.com
'Cara Terbaik Tangani Kritik Negatif ':
Artikel Bisnis Lainnya
- Djoko Susanto, Pendiri Alfamart Jeli Melihat Peluang Peluang Bisnis Djoko Susanto adalah salah satu anak negeri yang memiliki visi, misi, konsistensi, dan pandai melihat peluang berbisnis . Jiwa usahanya telah dimulai dari umur 10 tahun. Kios milik orang tuanya yang bernama Sumber Bahagia merupakan langkah awal Djoko Susanto dalam ... Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Sembilan Karakter Wirausaha Artikel Wirausaha Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh Prof. Iman S Sukardi, dia menemukan terdapat sembilan (9) karakteristik tingkah laku kewirausaha an yang paling sering ditemukan dalam penelitian-penelitian terhadap wirausaha berhasil di seluruh ... Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Sebagai Wirausaha, Apakah Anda Sudah Menggunakan Insting? Artikel Wirausaha Sebagai seorang pemimpin bisnis, anda harus secara konstan menghasilkan ide-ide baru; karena anda menciptakan sebuah visi di masa depan – sebuah keadaan yang belum ada saat ini, dan sumber dari visi tersebut adalah insting ... Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Cara Hindari Kesalahan Kultur Saat Berbisnis dengan Pebisnis Asing Artikel Bisnis Seiring dengan makin berkembangnya dunia bisnis global dan makin banyaknya perusahaan yang melakukan ekspansi ke seluruh pelosok dunia, makin tinggi juga peluang kita bisa menjumpai berbagai kesalahan dalam hal budaya yang dilakukan oleh para ... Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Cara Menggunakan Yahoo! Answers sebagai Alat Meningkatkan Traffic ke Website Bisnis Anda Bisnis Website dan Situs Jika Anda memiliki situs bisnis yang sudah bagus, kini saatnya Anda harus menarik pengunjung untuk membacanya dan pada akhirnya melakukan transaksi dengan perusahaan Anda dalam bentuk pembelian atau kontrak, dan sebagainya. Meski tampaknya ... Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
Jual Beli Online
Rating:
100%
based on 99998 ratings.
5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Cara Terbaik Tangani Kritik Negatif . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Artikel Menarik Lainnya :
Ditulis oleh:
Admin - Rabu, 18 September 2013
Belum ada komentar untuk " Cara Terbaik Tangani Kritik Negatif "
Posting Komentar