• HOME

Tak Paham Teori Bukan Masalah, Asal Logika Bisnis Terasah

Jumat, 13 September 2013 - 08:57:27 WIB
artikel-bisnis Tak Paham Teori Bukan Masalah, Asal Logika Bisnis Terasah
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 680 kali
''Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini'' >>

 Ittipat 'Top' Peeradechapan tak paham konsep guerilla marketing secara teoretis tetapi toh ia mampu menerapkannya dengan bekal logika yang benar. (image credit: blogsangpemenang.blogspot.com)
 
 
Tidak selamanya pemahaman seseorang terhadap sebuah konsep, pemikiran abstrak, teori, dan sejenisnya akan membantu memulai dan menjalankan bisnis dengan benar. Pada sebagian kasus, kita menjumpai mereka yang tidak mampu memahami atau keliru memahami konsep secara benar tetapi justru berhasil saat harus menerapkannya dalam kehidupan nyata. Inilah yang membuat entrepreneur berbeda dari akademisi murni.

Ittipat "Top" Peeradechapan yang mendirikan bisnis makanan ringan rumput laut terkenal dari Thailand mengatakan bahwa dirinya adalah contoh pengusaha yang tidak begitu paham dengan banyak teori rumit dan canggih tetapi beruntung
memiliki kemampuan pemahaman terhadap logika bisnis yang benar. 

"Suatu hari," Top bercerita, "seorang pengusaha besar tengah diwawancarai mengenai triknya menjadi sukses. Ia sebutkan strategi yang dinamainya "guerilla marketing". Walaupun tampaknya konsep ini rumit, sebenarnya intinya sangat simpel. 

Pemasaran gerilya bisa dilakukan dengan cara-cara yang minim biaya tetapi menimbulkan kontroversi karena begitu unik dan aneh sehingga banyak orang membicarakannya. Dengan demikian, brand yang dipromosikan pun menjadi lebih
terangkat.

"Saya sebetulnya kurang paham dengan konsep guerilla marketing," Top mengakui. Dalam pemahamannya yang saat itu masih berusia 19 tahun dan drop out dari universitas, guerilla marketing hanyalah bagaimana agar produknya itu masuk dan dijual di gerai-gerai Seven Eleven yang menjamur di berbagai pelosok negeri. Padahal, jangkauan konsep tersebut jauh melebihi itu. Ia harus menembus pasar di daerah provinsi Thailand lebih dulu, yang akan menciptakan ketenaran brandnya dan itu akan menjalar hingga ke Bangkok.

Saat itu Top tidak tahu ia memahami konsep guerilla marketing dengan cara yang kurang tepat. Namun, meski cara memahaminya salah, Top menunjukkan jalan yang ia tempuh berdasarkan logika bisnis sederhana lebih jitu di kehidupan nyata. 

"Saya mungkin salah menafsirkan teori itu, tetapi cara berpikir saya benar," ucapnya yakin.
Sumber: ciputraentrepreneurship.com/internasional/tak-paham-teori-bukan-masalah-asal-logika-bisnis-terasah

'Tak Paham Teori Bukan Masalah, Asal Logika Bisnis Terasah':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Tak Paham Teori Bukan Masalah, Asal Logika Bisnis Terasah. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Minggu, 15 September 2013

Belum ada komentar untuk " Tak Paham Teori Bukan Masalah, Asal Logika Bisnis Terasah"

Posting Komentar