• HOME

Bio Agens, Pupuk Hayati yang Ramah Lingkungan

Senin, 24 Juni 2013 - 09:22:42 WIB
artikel-bisnis Bio Agens, Pupuk Hayati yang Ramah Lingkungan
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 841 kali
Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini »

bioagens

Bisnis Pertanian

Pupuk hayati nokulan jamur dan bakteri racikan Maulana Nuril Huda dan Ike Novitasari mulai memasuki pasar pertanian di beberapa wilayah Malang dan sekitarnya. Hasil racikan pupuk hayati mereka ini dikenal dengan nama Bio Agens.
Bio Agens ialah pupuk yang berisikan kombinasi agens hayati yang dapat memberikan keuntungan bagi pertumbuhan tanaman budidaya. Perannya tidak hanya sebagai pupuk tetapi juga berperan sebagai bio-fungisida, bio-bakterisida dan ZPT.
Agens hayati yang terkandung di dalam Bio Agens mampu memproduksi antibiotik tertentu sehingga patogen yang menyerang tanaman budidaya dapat terpenetrasi dan mengalami lisis. Dengan begitu produk ini tidak hanya mampu meningkatkan serapan unsur hara tapi juga dapat meningkatkan ketahanan tanaman.
Ike mengungkapkan ide ini muncul karena adanya permasalahan lingkungan pada masyarakat petani akibat dari penggunaan pupuk dan pestisida kimia sintetis secara terus menerus, seperti lahan menjadi rusak dan terjadi resistensi pada patogen penyebab penyakit tumbuhan,
“Sehingga produktifitas dan ketahanan tanaman menurun. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pupuk dan pestisida yang lebih efektif dan efisien bekerja sebagai musuh alami patogen tanaman yang ramah lingkungan,” papar mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya Malang tersebut.
Maulana menambahkan pupuk hayati ini semakin bernilai lebih karena bahan aktif dari produk Bio Agens yang digunakan ialah material biologis. “Jadi tidak akan memberikan dampak negatif berupa residu kimia sintetis yang membahayakan bagi manusia dan lingkungan,” ungkapnya.
Sebagai produk yang ramah lingkungan, Bio Agens dikemas dalam konsep pengemasan yang menarik dengan desain dan warna yang sederhana, sehingga konsumen lebih mudah untuk mengenal dan mengetahui fungsi produk serta didukung dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp. 20.000/kemasan 1 liter. (as/img:ub.ac.id)
 

'Bio Agens, Pupuk Hayati yang Ramah Lingkungan ':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Bio Agens, Pupuk Hayati yang Ramah Lingkungan . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Minggu, 20 Oktober 2013

Belum ada komentar untuk " Bio Agens, Pupuk Hayati yang Ramah Lingkungan "

Posting Komentar