• HOME

Carlos Slim Helu: Orang Terkaya di Dunia versi Forbes

Senin, 01 Juli 2013 - 09:35:32 WIB
artikel-bisnis Carlos Slim Helu: Orang Terkaya di Dunia versi Forbes
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 1028 kali
Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini »

CE-logo

Artikel Bisnis

Ayah Carlos Slim, Julien Slim Haddad, berimigrasi ke Meksiko dari Libanon pada usia 14 tahun. Dengan salah satu saudaranya, ia membuka sebuah toko makanan kering di Mexico City. Ketika para investor asing meninggalkan negeri ini setelah revolusi tahun 1910, Julián Slim memutuskan untuk tetap di Meksiko. Pada tahun 1920-an, ia mengakuisisi sejumlah bisnis dan real estate besar di ibu kota. Julián menikahi Doña Linda Helu, putri seorang imigran Lebanon. Pasangan ini memiliki enam anak. Carlos Slim Helu adalah anak kelima.
Ayah Carlos Slim mendorong semua anak-anaknya untuk belajar dan memahami pengetahuan keuangan. Dia memberikan setiap anak buku untuk mencatat pengeluaran. Carlos Slim muda menunjukkan bakat khusus dalam berhitung, dan pada usia 12 telah membeli saham di Bank of Mexico. Ketika Carlos Slim masih berusia 13 tahun, ayahnya meninggal. Dan tahun berikutnya adalah masa yang sulit bagi Carlos. Ia belajar teknik sipil di Universitas Nasional Otonom Meksiko (UNAM), dan saat masih belajar, mulai mengajar matematika dan pemrograman linier. Setelah beberapa tahun mengajar, Carlos Slim mendirikan usaha pertamanya, sebuah bisnis pialang saham bernama Inversora Bursátil. Pada tahun yang sama, ia menikah dengan Soumaya Domit, dalam usaha berikutnya, dia menggabungkan huruf pertama dari nama mereka, seperti dalam nama perusahaan investasinya, Grupo Carso.

Mengingat pelajaran dari berbagai upaya penghematan yang ia pelajari dari ayahnya, ia dan keluarganya hidup dalam kesederhanaan, sementara pendapatan dari bisnisnya itu kembali diinvestasikan dalam sejumlah ekspansi dan akuisisi yang lebih banyak. Selama dua dekade berikutnya, Carlos Slim dengan cerdik mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang ia percaya telah diremehkan nilainya dan terampil dibongkar manajemen mereka. Dia melakukan diversifikasi dengan menggunakan metode yang cerdas, investasi dalam real estate, perusahaan peralatan konstruksi , dan usaha pertambangan. Portofolio perusahaan Slim tumbuh dengan hanya mencakup beberapa inventaris seperti sebuah printer, sebuah perusahaan tembakau dan toko ritel.
Pada tahun 1982, Meksiko terjebak dalam krisis ekonomi. Pemerintah gagal melunasi utang luar negeri, dan banyak investor Meksiko bergegas keluar dari sana. Keyakinan Carlos Slim pada negaranya ia pegang dengan teguh, dan ia memperoleh afiliasi Meksiko Reynolds Aluminium, General Tire dan rantai toko dan kafetaria Sanborn. Saat ekonomi pulih, keberuntungan Slim meningkat, dan akuisisi nya dipercepat. Dia mengakuisisi sejumlah saham Meksiko di sejumlah merek yang berpusat di AS: ban Firestone, cokelat Hershey, kedai kopi Denny. Dia membeli dan melebur sejumlah perusahaan asuransi ke perusahaan raksasa Seguros Inbursa.

Kesempatan terbesar dari semua muncul kemudian ketika pemerintah Meksiko mulai melakukan berbagai divestasi pada sejumlah monopoli milik negara. Setelah mengambil alih perusahaan induk publik pada tahun 1990, Grupo Carso milik Carlos Slim, dengan mitra Perancis dan Amerika, membeli perusahaan telepon negara, Telefonos de México (Telmex). Slim sangat berminat dalam komponen kecil operasi Telmex, perusahaan layanan seluler pemula . Slim memiliki ide unik untuk membangun basis pelanggan untuk layanan ponsel di berjuang ekonomi Meksiko. Dia menjual handset dengan layanan prabayar bulan, dan daripada mengirim pelanggan tagihan bulanan, Slim memungkinkan pelanggan untuk membeli kartu telepon prabayar, menggunakan menit mereka sesuai kebutuhan. Eksekutif Telmex menolak rencana pada awalnya, yakin bahwa promosi agresif ponsel prabayar akan merusak pasar untuk layanan sambungan telepon darat tradisional. Ketika itu terjadi, program prabayar mengisi kebutuhan yang sangat besar, dan basis pelanggan tumbuh sebesar 66 persen setiap tahun selama 15 tahun ke depan. Dalam kebangkitan era dot.com tahun 2000, usaha seluler milik asing di seluruh Amerika Latin menggelepar. Slim mengakuisisi mereka, dan menggabungkan layanan selular di pasar yang ia sangat pahami lebih baik daripada pebisnis lain.
Segera setelah itu perusahaannya, América Móvil, menjelma menjadi perusahaan terbesar penyedia layanan nirkabel di Amerika Latin. Seiring dengan naiknya permintaan untuk komunikasi nirkabel, perusahaan Slim terus tumbuh pesat untuk memenuhi kebutuhan itu. Pada 2007, kelompok perusahaannya mencapai total nilai aset sekitar $ 150 miliar. Ketika majalah Fortune dan sumber lainnya menghitung kekayaan pengusaha terkemuka di dunia, mereka menyimpulkan bahwa Carlos Slim, dengan kekayaan pribadi diperkirakan $ 59000000000, adalah orang terkaya di Bumi.
Penerimaan dari usaha Carlos Slim ini telah disalurkan ke sejumlah yayasan amal. Sejak tahun 1986, Yayasan Carso telah berkonsentrasi pada pengembangan sumber daya manusia Meksiko melalui program pendidikan dan pelatihan. Pada tahun 2007, dana abadi tambahan sebesar $ 4 miliar telah memperluas upaya Carso Foundation untuk membangun infrastruktur, memajukan pendidikan dan mengurangi kemiskinan, tidak hanya di Meksiko, tetapi di seluruh Amerika Latin. The Museo Soumaya, didirikan pada tahun 1994, dinamai untuk menghormati mendiang istrinya Slim, yang mengelola lembaga itu selama bertahun-tahun. Museum mempertahankan koleksi kelas dunia seni Meksiko dan Eropa, sementara dana penelitian seni dan kegiatan konservasi dan mensponsori perjalanan pameran. The Telmex Foundation adalah salah satu lembaga filantropi terbesar di Amerika Latin. Selain kegiatan di bidang kesehatan, gizi, konservasi dan bantuan bencana, telah memberikan beasiswa universitas untuk ratusan ribu siswa berbakat yang dinyatakan tidak akan mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Slim sendiri adalah donor utama untuk proyek jangka panjang untuk memulihkan dan merevitalisasi pusat kota Mexico City, Centro Histórico.

Pada tahun 2008, Slim mengejutkan dunia bisnis dengan pembelian 6.4 persen saham di New York Times Company yang tengah bermasalah. Pada saat investasi nya diumumkan ke publik, bagian saham Slim di perusahaan itu ditaksir mencapai nilai $ 27 juta. Tahun berikutnya, saat resesi global dan pendapatan iklan menurun mengorbankan perusahaan cetak berbasis "media lama", Slim memberikan Times pinjaman sebesar $ 250 juta. Ini berupa suntikan dana tunai, bersama dengan penyesuaian strategis lainnya oleh manajemen Times memperbaiki keuangan perusahaan, dan Times sukses melunasi pinjaman, ditambah bunga 14 persen, lebih cepat dari jadwal. Slim dan keluarganya telah membeli saham tambahan, meningkatkan saham mereka di perusahaan untuk lebih tujuh persen. Mereka memegang waran untuk meningkatkan kepemilikan mereka menjadi 16 persen dari total saham perusahaan.
Pada tahun 2010, survei majalah Forbes tentang kekayaan besar dunia menegaskan perkiraan sebelumnya bahwa Carlos Slim adalah orang terkaya di dunia. Survei peringkat dia sebagai orang terkaya di dunia lagi pada tahun 2011 dan 2012. Di tengah keberhasilan ini mengejutkan, keluarga Slim tetap menjadi satu yang luar biasa erat. Sebagai Carlos Slim mencurahkan lebih banyak waktu untuk upaya filantropi perusahaan itu, tiga anak telah mengambil kendali dari komponen utama dari Grupo Carso. Dan keluarga Slim masih makan malam bersama-sama setiap Senin malam. (berbagai sumber/ *Akhlis)
 

'Carlos Slim Helu: Orang Terkaya di Dunia versi Forbes ':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Carlos Slim Helu: Orang Terkaya di Dunia versi Forbes . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Minggu, 27 Oktober 2013

Belum ada komentar untuk " Carlos Slim Helu: Orang Terkaya di Dunia versi Forbes "

Posting Komentar