• HOME

Tokopedia Dapatkan Pendanaan dari Investor Korsel

Rabu, 03 Juli 2013 - 09:44:07 WIB
artikel-bisnis Tokopedia Dapatkan Pendanaan dari Investor Korsel
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 637 kali
Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini »

tokpedia

  Artikel Wirausaha

Ciputraentrepreneurship News, Jakarta - Layanan e-commerce dari Indonesia untuk segmen C2C, Tokopedia, berhasil memperoleh dukungan pembiayaan yang dipimpin oleh Softbank Venture Korea dengan investor sebelumnya CyberAgent Ventures dan East Ventures. Dua perusahaan yang disebutkan terakhir ini juga berpartisipasi dalam putaran investasi ini. Tidak ada jumlah dana yang diberitahukan kepada media.
 
Namun demikian, salah satu pendiri sekaligus CEO, William Tanuwijaya, mengatakan kepada laman techninasia.com:
 
"Dengan skala investasi sebesar ini, saya dapat rehat sejenak untuk mengumpulkan dana. Jika Anda perhatikan, Tokopedia mendapat dana secara konsisten setiap tahun. Di tahun 2010, Tokopedia menurut William mendapat guyuran dana dari East Ventures, tahun 2011 dari CyberAgent Ventures. Dan pada tahun lalu (2012) dari NetPrice. "Tahun ini, kami mendapatkan dari Softbank."
 
Dana segar dari Softbank tersebut akan memberikan Tokopedia apa yang dibutuhkan untuk berfokus pada upayanya membangun produk , mengembangkan timnya, dan juga melakukan pemasaran yang lebih agresif.
 
Sebagian dari kita mungkin juga sudah tahu bahwa Softbank adalah salah satu investor awal di perusahaan raksasa e-commerce asal China, Alibaba. Jadi Softbank diharapkan dapat memberikan pengetahuan e-commerce kepada tim Tokopedia. Daniel Kang COO dari Softbank Ventures Korea memberikan pernyataan:
"Sebagai saksi atas kesuksesan besar e-commerce di Korea, Jepang dan China, kami percaya Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam pasar online . Setelah meninjau Tokopedia selama dua tahun, tim kami memiliki keyakinan kuat bahwa Tokopedia bisa menjelma menjadi Taobao-nya Indonesia. Softbank Ventures Korea akan mendukung Tokopedia tidak hanya dengan menyediakan modal untuk memacu pertumbuhan, tetapi juga dengan berbagi pengalaman di pasar yang lebih maju ini."

Dalam wawancara terakhir Techinasia dengan William, ia mengungkapkan bahwa Tokopedia memiliki 770,000 listing aktif. Nilainya perdagangan bruto pada tahun 2012 tumbuh sebesar 686 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan setidaknya 53 persen pembeli setia setiap bulan. Ketika ditanya tentang asal pembeli di Tokopedia, William mengatakan bahwa sekitar 40 persen adalah para penjual di Jakarta. Tapi untuk pembeli, hanya 17 persen dari Jakarta. 
 
William - pengagum tajam Alibaba dan pendirinya Jack Ma - mengatakan dalam pernyataan bahwa ia berharap untuk mengulang kisah sukses Alibaba di Indonesia. Ia berharap perjuangannya akan membawa dampak positif yang sangat besar bagi masyarakat, menciptakan satu juta pekerjaan di Indonesia selama lima tahun.
 
Dalam blog Tokopedia, William berkomentar singkat melalui sebuah artikel terbaru yang dipublikasikan hari ini (12/6/2013):

“Dalam visi kami membangun Indonesia lebih baik, lewat internet; babak baru investasi ini akan memungkinkan kami untuk lebih fokus dalam mengembangkan bisnis kami dalam membantu setiap individu dan UKM Indonesia untuk berjualan online dengan mudah, sekaligus membangun brand internet lokal asal Indonesia yang mampu bersaing dalam kancah persaingan global."
 
Tahun ini menandai tahun kedua hubungan komunikasi antara Tokopedia dengan Softbank Ventures Korea sekaligus menjadi tonggak baru dalam jalinan di antara kedua perusahaan. William menganggap babak baru ini sebagai sambutan "sebagai bagian dari keluarga kami". Menurutnya,  Tokopedia yakin Softbank akan menjadi mitra strategis yang tepat untuk mencapai visi yang mereka miliki. (techinasia/tokopedia/ *Akhlis)
 

'Tokopedia Dapatkan Pendanaan dari Investor Korsel':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Tokopedia Dapatkan Pendanaan dari Investor Korsel. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Selasa, 29 Oktober 2013

Belum ada komentar untuk " Tokopedia Dapatkan Pendanaan dari Investor Korsel"

Posting Komentar