• HOME

Apa Penyebab Anda Jadi Boros?

Rabu, 03 April 2013 - 09:30:07 WIB
artikel-bisnis Apa Penyebab Anda Jadi Boros?
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 1496 kali

''Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini'' >>

pemborosan
Pemborosan dapat terjadi karena berbagai faktor internal dan eksternal, sehingga untuk mengatasinya Anda pun perlu tahu apa saja penyebab kebiasaan boros itu.
Dari internal individu, pemborosan bisa terjadi karena baru bisa bekerja sendiri dan lepas dari keuangan orangtua. Individu yang baru mampu menghasilkan uang sendiri biasanya ingin menunjukkan kemandirian kepada orangtua dan lingkungannya.
Untuk faktor eksternal, gengsi di tempat kerja dan tempat tinggal kemungkinan bisa membawa pengaruh negatif dari sisi pengeluaran kantong sehari-hari.
Omongan tetangga di komplek rumah, misalnya, bisa menghasut keinginan ibu-ibu rumah tangga untuk berbelanja. Tapi pria pun tak lepas dari sikap boros, jika terlalu mengikuti gengsi.
Laki-laki juga bisa boros. Mulai dari gadget, pakaian, jam tangan, dan sepatu juga bisa masuk kategori boros kalau tidak seimbang dengan pemasukan dan urgensinya kurang, atau bahkan tak ada.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pemborosan.
Pertama, batasi penghasilan yang dibawa pulang. Sisihkan dulu anggaran, misalnya untuk membayar utang dan cicilan.
Kedua, penerapan cash basis ketika beraktivitas setiap hari. Gaya itu menuntut penggunanya untuk memakai uang di dompet tanpa memanfaatkan kartu debit atau kredit.
Ketiga, pisahkan rekening operasional dengan rekening lainnya. Rekening operasional berisi dana yang sudah dialokasikan untuk pengeluaran rutin dan jumlahnya dibuat seketat mungkin. Sementara rekening lainnya diisi tabungan, dana darurat, dan dana investasi.
Keempat, jika sudah kepepet karena pengeluaran terlalu besar, maka mau tak mau Anda harus menurunkan gaya hidup untuk menekan pemborosan. Misalnya ketika terlilit cicilan kartu kredit dan harus melepas aset kesayangan, seperti mobil, tanah, atau benda lainnya. (as/dari berbagai sumber)
Sumber: Eciputra.com
Ciputraentrepreneurship.com , Ciputranews.com , Properti.net

'Apa Penyebab Anda Jadi Boros? ':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Apa Penyebab Anda Jadi Boros? . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Selasa, 27 Agustus 2013

Belum ada komentar untuk "Apa Penyebab Anda Jadi Boros? "

Posting Komentar