• HOME

Perhitungan IPM Berlaku di Seluruh Indonesia

Rabu, 03 April 2013 - 10:11:04 WIB
artikel-bisnis Perhitungan IPM Berlaku di Seluruh Indonesia
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 791 kali
''Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini'' >>

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Barat, Badar mengatakan, penghitungan indeks pembangunan manusia (IPM) merupakan standar yang berlaku sama di seluruh Indonesia.
"Itu adalah konsep secara nasional. Dan suatu analisis bisa dibandingkan kalau sama," kata Badar di Pontianak, Senin.
Menurut dia, dalam sebuah penghitungan, konsep dan metodologi yang digunakan harus sama.
IPM adalah indeks komposit yang dihitung sebagai rata-rata sederhana dari indeks harapan hidup, indeks pendidikan (angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah), dan indeks standar hidup layak.
"Semua variabel yang dihitung akan menjadi indeks komposit yang berdiri sendiri," ujar dia.
Ia menegaskan, data yang dihimpun dan diolah serta dihasilkan oleh BPS merupakan angka resmi yang sebenarnya.
Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalbar, Purjoko mengatakan, Bank Indonesia merupakan pengguna dari data maupun informasi yang dihasilkan BPS. "Bagaimana data yang dihimpun untuk Kalbar tersaji dengan baik, valid, dengan tingkat realibitas yang tinggi," ujar Purjoko.
IPM Kalbar menempati peringkat 28 dari 33 provinsi dari seluruh Indonesia.
Kondisi itu membuat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, M Zeet Hamdy Assovie menyatakan akan mengajak BPS untuk formulasi ulang IPM daerah itu yang selalu disebut berada di urutan 28 se-Indonesia.
"Tingkat kemiskinan Kalbar 11 persen, jadi tidak masuk akal kalau IPM berada di posisi ke-28," kata M Zeet Hamdy, beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, masih memiliki optimisme bahwa IPM Kalbar akan meningkat dan menjadi baik. Namun M Zeet juga mempertanyakan formulasi dalam penentuan IPM tersebut.
Karena dari kajian yang dilakukan Pemprov Kalbar, angka kemiskinan sudah membaik dan kini hanya 11 persen. Idealnya jika angka kemiskinan berada pada posisi itu, IPM pun naik dan dalam hitungan pemprov berada pada posisi 15 dari seluruh Indonesia.
"Makanya kami ingin mengajak BPS untuk memformulasi ulang. Kami ajak perbaiki basis data kami dengan persepsi yang sama. Karena formulasi yang sudah kami hitung berada di urutan 15," tuturnya.
Sumber: Eciputra.com
Ciputraentrepreneurship.com , Ciputranews.com , Properti.net
 

'Perhitungan IPM Berlaku di Seluruh Indonesia ':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Perhitungan IPM Berlaku di Seluruh Indonesia . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Selasa, 27 Agustus 2013

Belum ada komentar untuk "Perhitungan IPM Berlaku di Seluruh Indonesia "

Posting Komentar