Jumat, 10 Agustus 2012 - 09:58:12 WIB
Langkah-langkah Menarik Pelanggan Setia
Diposting oleh : d4nu - Dibaca: 785 kali
Mempunyai pelanggan setia sangat penting dalam membangun pendapat jangka panjang serta mengurangi biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, Anda perlu menyediakan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Tentunya, Anda perlu meningkatkan pengalaman pelayanan agar pelanggan Anda puas.
Berikut lima langkah untuk menarik pelanggan setia selalu kembali kepada Anda:
Kebutuhan
Langkah pertama dalam menarik pelanggan setia adalah menyediakan produk dan jasa yang memenuhi atau melebihi kebutuhan mereka. Hal ini dilakukan dengan meneliti persyaratan pelanggan, mengembangkan produk sesuai dengan persyaratan, pemantauan umpan balik dari pelanggan dan menggunakan umpan balik untuk lebih meningkatkan produk dan layanan. Penting untuk menyadari bahwa kebutuhan pelanggan dapat berubah selama periode hubungan mereka dengan Anda. Misalnya, seorang pelanggan bank. Pertama kali mereka memulai hanya dengan membuka rekening tabungan. Nantinya, mereka akan membutuhkan hipotek, kartu kredit dan pinjaman pribadi. Ketika mereka bertambah usianya, mereka mungkin membutuhkan saran mengenai investasi dan rencana pensiun. Dengan mengakui perubahan kebutuhan-kebutuhan dan menawarkan produk untuk memenuhi hal tersebut, Anda dapat mempertahankan loyalitas pelanggan Anda.
Pengalaman
Setiap kali pelanggan menghubungi perusahaan Anda, mereka harus mendapatkan pengalaman terbaik. Kualitas layanan pelanggan sangat penting setiap kali pelanggan membuat penyelidikan, pesanan produk, permintaan layanan atau membuat keluhan. Cara karyawan Anda menjawab panggilan, menanggapi email atau memberikan penjelasan produk memiliki dampak pada pengalaman pelanggan. Menurut MyCustomer.com, perusahaan harus memetakan perjalanan pelanggan di setiap titik mereka berinteraksi dengan perusahaan agar setiap aspek pelanggan terpenuhi.
Kepuasan
Ada hubungan langsung antara kepuasan pelanggan dan kecenderungan untuk membeli di masa depan. Berdasarkan penelitian, sekitar 61 persen dari pelanggan yang puas melaporkan bahwa mereka cenderung membeli dari pengecer yang sama saat membutuhkan produk serupa. Selain itu, pelanggan yang sangat puas lebih mungkin untuk merekomendasikan perusahaan Anda kepada koleganya.
Komunikasi
Meningkatkan frekuensi komunikasi dapat memperkuat loyalitas pelanggan. Kontak tidak harus berhenti ketika pelanggan telah membeli produk dari Anda. Tindak lanjuti penjualan untuk memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk Anda. Dengan menawarkan layanan purna jual, Anda dapat menciptakan lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi.
Penghargaan
Perlakukan pelanggan setia dengan layanan istimewa atau diskon khusus. Hal ini akan memperkuat loyalitas pelanggan untuk jangka panjang.
Langkah-langkah Menarik Pelanggan Setia
Diposting oleh : d4nu - Dibaca: 785 kali
Mempunyai pelanggan setia sangat penting dalam membangun pendapat jangka panjang serta mengurangi biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, Anda perlu menyediakan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Tentunya, Anda perlu meningkatkan pengalaman pelayanan agar pelanggan Anda puas.
Berikut lima langkah untuk menarik pelanggan setia selalu kembali kepada Anda:
Kebutuhan
Langkah pertama dalam menarik pelanggan setia adalah menyediakan produk dan jasa yang memenuhi atau melebihi kebutuhan mereka. Hal ini dilakukan dengan meneliti persyaratan pelanggan, mengembangkan produk sesuai dengan persyaratan, pemantauan umpan balik dari pelanggan dan menggunakan umpan balik untuk lebih meningkatkan produk dan layanan. Penting untuk menyadari bahwa kebutuhan pelanggan dapat berubah selama periode hubungan mereka dengan Anda. Misalnya, seorang pelanggan bank. Pertama kali mereka memulai hanya dengan membuka rekening tabungan. Nantinya, mereka akan membutuhkan hipotek, kartu kredit dan pinjaman pribadi. Ketika mereka bertambah usianya, mereka mungkin membutuhkan saran mengenai investasi dan rencana pensiun. Dengan mengakui perubahan kebutuhan-kebutuhan dan menawarkan produk untuk memenuhi hal tersebut, Anda dapat mempertahankan loyalitas pelanggan Anda.
Pengalaman
Setiap kali pelanggan menghubungi perusahaan Anda, mereka harus mendapatkan pengalaman terbaik. Kualitas layanan pelanggan sangat penting setiap kali pelanggan membuat penyelidikan, pesanan produk, permintaan layanan atau membuat keluhan. Cara karyawan Anda menjawab panggilan, menanggapi email atau memberikan penjelasan produk memiliki dampak pada pengalaman pelanggan. Menurut MyCustomer.com, perusahaan harus memetakan perjalanan pelanggan di setiap titik mereka berinteraksi dengan perusahaan agar setiap aspek pelanggan terpenuhi.
Kepuasan
Ada hubungan langsung antara kepuasan pelanggan dan kecenderungan untuk membeli di masa depan. Berdasarkan penelitian, sekitar 61 persen dari pelanggan yang puas melaporkan bahwa mereka cenderung membeli dari pengecer yang sama saat membutuhkan produk serupa. Selain itu, pelanggan yang sangat puas lebih mungkin untuk merekomendasikan perusahaan Anda kepada koleganya.
Komunikasi
Meningkatkan frekuensi komunikasi dapat memperkuat loyalitas pelanggan. Kontak tidak harus berhenti ketika pelanggan telah membeli produk dari Anda. Tindak lanjuti penjualan untuk memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk Anda. Dengan menawarkan layanan purna jual, Anda dapat menciptakan lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi.
Penghargaan
Perlakukan pelanggan setia dengan layanan istimewa atau diskon khusus. Hal ini akan memperkuat loyalitas pelanggan untuk jangka panjang.
'Langkah-langkah Menarik Pelanggan Setia ':
Artikel Bisnis Lainnya
- Cara Meningkatkan Kepuasan PelangganKehilangan seorang pelanggan setia adalah hal buruk yang terjadi dalam bisnis. Bahkan jika Anda hanya sesekali kehilangan pelanggan. Dampaknya akan membuat kepercayaan bisnis Anda berkurang. Sebab, hal-hal negatif akan meluncur cepat mengenai jenis layanan atau bisnis yang Anda berikan. ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Resep Besarkan Startup dari Pendiri Koprol dan PriceArea.com Ciputra Entrepreneurship News, Jakarta - Istilah "scale up" sering didengar dalam dunia startup. Terminologi ini merujuk pada kemampuan untuk berfungsi dengan jumlah beban kerja yang berbeda atau dengan mudah disesuaikan untuk dapat berfungsi dengan ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Langkah Efektif Membangun Jejaring Bisnis Memiliki jejaring bisnis yang erat ialah salah satu hal penting untuk bisa maju dalam dunia bisnis sekarang ini. Namun banyak pebisnis yang membuang waktu mereka untuk berinvestasi pada hubungan yang kurang bermanfaat. Berikut ialah tiga langkah efektif dalam membangun jejaring bisnis yang ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Inilah Hal yang Diinginkan Investor Profesional Investor. Kata yang sering disebut dan dicari keberadaannya oleh para pengusaha khususnya pengusaha pemula atau yang berada pada tahap early stage. Banyak yang tahu artinya tapi kadang pada saat diberi kesempatan untuk bertemu, tidak tahu apa sebenarnya yang investor ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Tips Memulai Bisnis bagi Siswa SekolahMenjadi wirausaha yang sangat sukses merupakan impian dari setiap orang. Karena dengan menjadi wirausaha sukses, kita akan mengenal begitu banyak kendala yang akan terjadi, dan pastinya kita akan merasakan hasil nikmat serta kebahagiaan dari usaha yang dijalankan. Maka dari itu dalam ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
Jual Beli Online
Rating:
100%
based on 99998 ratings.
5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Langkah-langkah Menarik Pelanggan Setia . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Artikel Menarik Lainnya :
Ditulis oleh:
Admin - Senin, 16 September 2013
Belum ada komentar untuk "Langkah-langkah Menarik Pelanggan Setia "
Posting Komentar