• HOME

Nivea: Brand dengan Resep Rahasia Berusia Seabad

Selasa, 02 Juli 2013 - 09:13:55 WIB
artikel-bisnis Nivea: Brand dengan Resep Rahasia Berusia Seabad
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 679 kali
Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini »

nivea creme
 
Sejak kemunculannya pada tahun 1911, merek NIVEA berkembang dengan didorong oleh gabungan semangat positif, kerja keras dalam penelitian ilmiah, kreativitas, dan aspek teknis bisnis .
 
Pada tahun 1890, Dr.Oscar Troplowitz telah membeli Beiersdorf yang berpusat di Hamburg  dari pendirinya, Paul C. Beiersdorf. Penasihat ilmiah Troplowitz, Prof Paul Gerson Unna, yang kemudian menjadi salah satu dermatolog paling menonjol di Jerman, memiliki kejelian dalam hal inovasi.
 
Dia memperkenalkan pada Troplowitz satu jenis zat pengemulsi baru yang disebut Eucerit (makna harafiah: "lilin yang indah"). Dengan menggunakan ini, ada kemungkinan untuk mengembangkan krim pertama di dunia yang terbuat dari air dan minyak tetapi stabil sehingga bisa diproduksi massal oleh pabrik. Lahirlah NIVEA.
 
Nama NIVEA memiliki keterkaitan dengan tampilan krimnya yang putih bersih, yang berasal dari kata Latin "nix, nivis" (salju). Terlepas dari Eucerit untuk mengikat minyak dengan air, krim juga berisi gliserin, sedikit asam sitrat dan, untuk memberikan aroma lembut, minyak mawar dan lily pun ditambahkan. Meskipun NIVEA Creme telah terus diperbaharui sejalan dengan perkembangan ilmiah terbaru, esensi dari resep hanya berubah sedikit dalam waktu 100 tahun.


Namun, citra NIVEA Creme mengalami perubahan hanya 14 tahun setelah peluncuran ke pasar. "Golden Twenties" adalah periode perubahan sosial yang menyebabkan semangat zaman baru . Setelah pengalaman semasa perang, orang-orang memiliki semangat untuk hidup, "semangat muda" dan "kenyamanan" adalah konsep populer, dan inovasi teknis meningkatkan laju kehidupan. NIVEA merespon perubahan dengan menyesuaikan profil merek yang ada.
 
Desain seninya yang mungil dari NIVEA timah asli diganti dengan tampilan yang lebih sederhana: timah biru dengan kata NIVEA dalam warna putih, untuk merayakan debutnya pada tahun 1925.

Lini produk NIVEA diperluas secara substansial pada tahun 1930. Produk-produk seperti krim cukur, sampo, dan minyak kulit ditambahkan dan NIVEA juga merambah pasar internasional.
Elly Heuss-Knapp, istri dari presiden pertama Republik Federal Jerman, Theodor Heuss, sebagian besar bertanggung jawab untuk iklan NIVEA pada 1930-an. Berkat dia, klaim merek sebagian besar tetap tidak ternoda oleh ideologi Nazi.

Heuss-Knapp mengakui kekuatan positif asosiatif warna merek, biru dan putih, yang ia tempatkan secara mengagumkan dalam spot iklannya.


Pada tahun 1950 NIVEA Creme sudah lama mencapai status merek klasik dan sejumlah besar produk perawatan kulit yang diluncurkan di bawah payung NIVEA.


Masa "keajaiban ekonomi" periode dan kemakmuran terjadi di dekade 1960-an memungkinkan lebih banyak orang untuk melakukan perjalanan. Liburan di pantai yang bermandikan cahaya matahari di Eropa Selatan lazim dilakukan banyak orang di masa itu. NIVEA merespons tren ini, memperluas jangkauan untuk menyertakan NIVEA Sun Protection dan produk perawatan Ming. Iklan itu disesuaikan dengan kebutuhan mereka yang suka berjemur di terik matahari dan semakin menunjukkan fokus pada konsumen yang suka mengunjungi pantai.

Era booming supermarket, terjadilah penghapusan harga eceran yang disarankan, dan pelaku pasar baru muncul dan menyebabkan meningkatnya persaingan di tahun 1970-an. Beiersdorf menanggapi dengan kampanye periklanan yang menantang yang menggarisbawahi klaim kepemimpinan NIVEA yang historis itu. Kampanye itu menggunakan NIVEA Creme sebagai tema besarnya dan mereka membedakan diri dari pesaing dengan menekankan kualitas, efektivitas unik tak tertandingi dan kejujuran.
 
Pada 1980-an Beiersdorf mengakui potensi pertumbuhan yang ditawarkan oleh merek NIVEA. Penelitian Eropa telah mengungkapkan bahwa NIVEA memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dan bahwa konsumen akan menerima produk baru di bawah payung merek NIVEA. Sejalan dengan harapan tersebut konsumen, NIVEA memperkenalkan sejumlah besar produk yang menawarkan kualitas tingkat tinggi.

Strategi ekspansi pada 1980-an ini secara sistematis dilanjutkan di tahun 1990 dengan peluncuran sub merek seperti NIVEA Visage, NIVEA Beaute, NIVEA Bath Care, dan sebagainya. Seiring globalisasi, fokus manajemen merek NIVEA yang memungkinkan untuk berkembang menjadi merek perawatan kulit terbesar di dunia.

Hari ini, NIVEA Creme adalah keluarga merek besar dengan lebih dari 500 produk yang berbeda. The NIVEA merek payung berhasil menyatukan lini produk seperti NIVEA Visage (sejak tahun 1993), NIVEA Vital (1994), NIVEA Beaute (1997), NIVEA Hair Care (1991), NIVEA for Men (1986), NIVEA Sun (1993), NIVEA hand (1998), NIVEA body (1992), NIVEA Skin Care (1996), dan NIVEA Deo (1991).

Di Jerman, NIVEA menikmati tingkat kesadaran merek hampir 100 persen. Dan di tingkat Eropa brand itu merengkuh tingkat kepercayaan dalam "perawatan kulit" kategori produk yang tak tertandingi oleh merek lain. Konsumen di lebih dari 170 negara di seluruh dunia menggunakan merek NIVEA. (berbagai sumber/ *Akhlis)
 

'Nivea: Brand dengan Resep Rahasia Berusia Seabad':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Nivea: Brand dengan Resep Rahasia Berusia Seabad. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Senin, 28 Oktober 2013

Belum ada komentar untuk " Nivea: Brand dengan Resep Rahasia Berusia Seabad"

Posting Komentar