• HOME

Sung Khiun Menjawab Ambisi Samsung Jadi Nomor Satu

Selasa, 02 Juli 2013 - 09:17:32 WIB
artikel-bisnis Sung Khiun Menjawab Ambisi Samsung Jadi Nomor Satu
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 1087 kali
Berbagi ilmu dengan meng-klik tombol berikut ini »

sung khiun 2

Artikel Wirausaha

Takdir perjalanan hidup Sung Khiun rupanya harus bermuara di PT Samsung Electronics Indonesia. Dua tahun silam, tepatnya Desember 2011, menjadi awal langkah lulusan Universitas Padjajaran Bandung jurusan Matematika ini menjadi salah satu petinggi Samsung untuk kategori bisnis di produk informatika teknologi (IT).
Ketika itu Samsung tengah membenahi lini bisnisnya di bidang IT dan berambisi menaklukan pasar IT di Indonesia, setelah meraup sukses di segmen smartphone. Karena ingin meningkatkan penjualan untuk laptop dan notebook, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang andal dan mampu menembus pasar. Samsung pun membujuk Khiun untuk bergabung.
“Tantangan yang diberikan Samsung membuat saya tertarik,” aku Khiun.
Untuk produk laptop di kelas premium, Samsung mengincar segmen konsumen menengah ke atas yang biasa membeli laptop seharga Rp 6 juta ke atas. Targetnya adalah meraih posisi pertama produsen laptop di Indonesia.
“Peluang pasarnya tinggi, apalagi Samsung merupakan perusahaan Korea yang kuat, besar dan speed-nya tinggi. Mumpung saya masih mampu, saya pun menerima tawaran tersebut,” kata Khiun.
Perlahan, Sung Khiun membenahi dan membangun pondasi di divisi IT Samsung. Dia memperkuat tim sales dan marketing-nya. Dia juga mengubah jaringan ritelnya, yang semula menggunakan sistem distributor menjadi sistem langsung ke partner bisnis. Khiun mencoba memenuhi ketersediaan produk di 25 riler utamanya. Hasilnya, pada 2012 divisi IT Samsung berhasil mencatatkan pertumbuhan bisnis hampir 400%.
Menurut Khiun, 75% komponen laptop Samsung datang dari teknologi Samsung sendiri. Sedangkan yang lain, seperti prosesor, mengusung teknologi tinggi berupa Accelerated Processor Unit (APU) milik Advanced Micro Device (AMD) yang populer di pasaran. Berkat kegigihan Khiun, laptop premium Samsung mampu menggebrak pasar. Padahal Samsung baru memproduksi laptop kelas premium dua tahun terakhir.
Membentuk pola pikir
Target menjadi number one, terutama di kelas premium hampir mendekati kenyataan setelah melakukan co-branding dengan sekitar 1.000 toko IT di Indonesia. Semua toko komputer yang ada di mal-mal didekorasi dengan brand Samsung.
“Di samping itu, kami juga gencar melakukan promosi. Bagaimana pun juga saya ingin, konsumen tak hanya mengenal Laptop Samsung, tetapi juga mencintainya,” ujar Khiun, mantan President Director PT Planet Electrindo itu.
Perhitungan bisnis Khiun terbilang tepat. Maklum saja, dalam soal hitung menghitung, ia bisa disebut pakarnya. Sejak kecil dia sudah menggemari ilmu matematika yang terbilang rumit. Bahkan, saking pandainya, gurunya meminta Khiun mengajari teman-temannya.
“Kuliah pun saya memilih matematika,” kata pria yang mengagumi William Soeryadjaya, pendiri Astra Group.
Meski tak ada korelasi antara ilmu matematika dengan ilmu pemasaran, Khiun justru berhasil menggabungkan kedua ilmu tersebut dalam bisnis yang dijalaninya.
“Saya bisa menjadi marketing, karena ketika saya bekerja di Goldstar LG saya ditawari untuk menjadi marketing. Ilmu yang saya dapat dibangku kuliah bisa berguna juga, minimal bisa membentuk pola pikir,” katanya.
Belajar sambil pekerja, learning by doing. Begitulah Khiun. Selain dari pengalaman sebagai tenaga penjualan, ia mengaku belajar ilmu marketing dari buku-buku. Bahkan sampai sekarang pun Khiun masih memperdalam ilmu marketing.
“Karena tantangan di dunia marketing itu tidak ada habis-habisnya. Marketing itu seperti seni, banyak memerlukan ide-ide segar,” katanya.
Untuk urusan bekerja, Khiun menerapkan tiga prinsip dasar yang selalu dia share ke timnya. Tiga prinsip itu menyangkup bekerja dengan hati. Maksudnya, bekerja tidak boleh asal-asalan. Tetapi menggunakan hati, sehingga bekerja bisa sungguh-sungguh. Prinsip yang kedua adalah melihat dengan kaki. Sehingga sebagai pimpinan dia sering terjun sendiri untuk cross check ke lapangan untuk membuktikan langsung laporan dari timnya.
Prinsip ketiga yang diterapkan Khiun adalah belajar dengan kepala. Sebagai manusia, belajar itu adalah penting dan tak boleh berhenti.
“Belajar itu bisa dari mana-mana, termasuk dari pengalaman orang lain, baik dari keberhasilan maupun kegagalannya,” katanya.
Omong-omong, sampai kapan Khiun akan bertahan di Samsung? “Saya akan bertahan terus sampai Samsung sudah menyampai puncak,” katanya. (bn)
 

'Sung Khiun Menjawab Ambisi Samsung Jadi Nomor Satu ':

Artikel Bisnis Lainnya

Jual Beli Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Sung Khiun Menjawab Ambisi Samsung Jadi Nomor Satu . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Senin, 28 Oktober 2013

Belum ada komentar untuk " Sung Khiun Menjawab Ambisi Samsung Jadi Nomor Satu "

Posting Komentar