• HOME

Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Globalisasi


Pentingnya Pendidikan Karakter
di Era Globalisasi

 Pendidikan karakter menurut Megawangi (Dharma Kesuma, 2011) merupakan sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya.
 Sudah seharusnya pendidikan karakter menjadi hal utama bagi penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.  Anak-anak Indonesia saat ini sudah terlampau jauh masuk dalam dunia globalisasi dan modernisasi. Mereka mengikuti perkembangan zaman tetapi kurang selektif dalam memilih dan memilah bentuk dari perkembangan-perkembangan tersebut, alhasil mereka lupa akan nilai dan norma, budaya, dan agama yang mereka yakini. Adanya pendidikan karakter bagi anak Indonesia ini bertujuan untuk menyiapkan dan melahirkan anak-anak Indonesia yang memiliki karakter yang matang untuk menghadapi serta menjalani kehidupan yang semakin pesat perkembangannya seperti sekarang ini. Agar terbentuknya pribadi anak yang berkarakter baik, tentu saja ada suatu tuntutan bagaimana proses pendidikan yang dijalankan mampu mengantarkan anak tersebut menjadi pribadi yang utuh, baik secara jasmani maupun rohani.
            Bagaimanapun pendidikan karakter termasuk dalam aspek utama dan berpengaruh besar terhadap keberhasilan seseorang. Banyak orang tua yang salah penafsiran tentang pendidikan yang terpenting. Paradigma mereka ialah hanya memfokuskan seorang anak untuk mendapatkan pendidikan yang dapat menghasilkan  prestasi secara akademiknya saja tanpa memikirkan keseimbangan antara akademik dan perilaku moral anak tersebut sebagai karakter dirinya. Karakter yang dimaksud lebih cenderung kepada perilaku moral si anak. Jika seorang anak yang memiliki kemampuan akademiknya baik tetapi perilakunya kurang baik, maka anak akan sulit membaur untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas seperti masyarakat dan pada dunia kerjanya nanti.
            Seperti yang kita ketahui di negera ini, banyak orang-orang yang berpendidikan tinggi tetapi karakter yang dimilikinya lemah. Mereka memang cerdas untuk masalah kognitifnya dalam kepentingan pekerjaan mereka, tetapi disaat mereka mengalami permasalahan dalam pekerjaannya, mereka tidak mampu bersikap yang baik secara profesional. Dengan demikian, untuk terciptanya karakter yang kuat pada diri seorang anak, maka orang tua dirumah dan para guru di sekolah harus menanamkan pendidikan karakter sedini mungkin, agar ketika ia dewasa nantinya ia akan sudah punya pendirian atas karakter yang baik yang sudah ditanamkan sewaktu ia masih kecil, dan agar ia mampu mengimbangi antara kemampuan berfikirnya dengan karakter yang ia miliki. Seimbang antara akademik dengan budaya,moral,agama, keterampilan, dan perilaku dirinya bagi diri sendiri maupun dengan sesame makhluk sosial.
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Sabtu, 30 November 2013

Belum ada komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Globalisasi"

Posting Komentar