Selasa, 04 Juni 2013 - 09:26:37 WIB
Menyelami Karakteristik Perusahaan Juara
Diposting oleh : admineciputra - Dibaca: 752 kali
Tips Wirausaha
Menyelami Karakteristik Perusahaan Juara
Diposting oleh : admineciputra - Dibaca: 752 kali
Tips Wirausaha
Pertanyaan mengapa perusahaan perusahaan terkemuka di bidangnya seperti IKEA, McDonald’s, dan Google mampu mengalahkan kinerja pesaingnya sudah seringkali kita dengar.
Walaupun perusahaan-perusahaan tersebut berasal dari industri yang berbeda, ada kesamaan capaian mereka yaitu mereka berhasil secara konsisten melebihi kinerja pesaingnya selama bertahun-tahun.
Apa yang menyebabkan para perusahaan “juara” tersebut secara konsisten berada di depan pesaingnya sementara yang lain berjuang untuk bangun adalah suatu pertanyaan menarik, terutama jika ditanyakan dalam kondisi persaingan yang sangat turbulen saat ini.
Menjawab pertanyaan tersebut, A.T. Kearney melakukan pegamatan terhadap beragam perusahaan dari berbagai industri dan memetakan kondisi perusahaan-perusahaan ke dalam sebuah matriks yang mengukur kesuksesan mereka di pasar, yang merupakan kombinasi pertumbuhan mereka relatif terhadap pertumbuhan industri, dan pangsa pasar relatif terhadap pesaing terbesar berikutnya.
Jika BCG matriks dibuat untuk membantu perusahaan merancang portofolio mereka, matriks ini dibuat untuk menampilkan evolusi sebuah perusahaan dan membantu perancangan strateginya.
A.T. Kearney menyebut matriks ini sebagai “four seasons matrix” karena setiap kuadran mewakili karakteristik yang mirip dengan karakteristik empat musim yang ada.
Seperti dilansir Bisnis.Com,pertumbuhan dan pangsa pasar sebagai sumbu matriks karena keduanya berhubungan yang kuat dan terbukti terkait dengan profitabilitas jangka panjang maupun nilai bagi pemegang saham.
Kombinasi kedua ukuran ini merupakan dasar yang cukup solid untuk melihat perusahaan yang akan menjadi pemenang dalam jangka panjang. Dari pengamatan A.T. Kearney terhadap 500 perusahaan di 40 industri berbeda sejak 2003, terdapat perusahaan-perusahaan seperti Amazon, Apple, ArcelorMittal, ASML (the Dutch supplier of lithography systems), Canon, Caterpillar, Cisco, Disney, eBay, Google, Hewlett-Packard, Hon Hai Precision Industry, IKEA, McDonald's, dan Starbucks yang secara konsisten menjadi “juara” dengan memimpin pasar dan bertumbuh lebih cepat dibanding industrinya.
Pengamatan kami terhadap para “juara” tersebut memperlihatkan kesamaan karakter yaitu fokus yang kuat terhadap pelanggan, pemahaman yang mendalam akan aspek operasional dan kebutuhan pelanggan, serta hasrat untuk menyediakan produk dan layanan pada pelanggan yang nilainya tidak tertandingi oleh pesaing. Setiap “juara” memiliki aspirasi besar untuk menjadi yang terbaik di empat dimensi berikut:
Tujuan yang benar: Fokus kepada pelanggan dan hasil akan mengikuti. Seluruh juara memiliki tingkat antusiasme yang besar untuk memberikan produk dan jasa terbaik untuk pelanggannya.
Walaupun produk dan jasa bervariasi antar industri, namun aspirasi seperti “to make all the information in world accessible(Google)” atau “to provide as many people in the world as possible with affordable and beautiful things (IKEA)” bahkan “to create happiness (Disney)” memang terkesan idealis, namun muncul dari hasrat pendiri mereka yang kemudian berhasil tertanam dan mendarah daging sebagai DNA perusahaan.
Pengetahuan yang benar: Tak ada suatu detil informasi pun yang tidak berguna. Para “juara” memiliki pengetahuan yang mendalam akan kebutuhan pelanggan dan aspek operasional mereka. Mereka tahu persis dimana biaya terjadi dan sangat sadar akan peluang jangka panjang dan jangka pendek.
Mereka memanfaatkan pemahaman mereka akan pelanggan untuk menemukan peluang, meningkatkan kualitas produk, dan mengurangi biaya. (as)
'Menyelami Karakteristik Perusahaan Juara ':
Artikel Bisnis Lainnya
- Omzet Miliaran dari Bisnis Lilin Siapa yang menyangka lilin bisa mencetak omzet hingga miliaran rupiah? Randiawan Saputra telah membuktikan alat penerangan yang sederhana itu punya nilai bisnis yang menggiurkan. Ia sukses menggaet nilai penjualan sembilan digit dalam waktu tiga tahun. “Dan kau lilin-lilin ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Kokita, Bumbu Instan Khas Indonesia Bisnis Kuliner Memudahkan setiap orang memasak berbagai macam masakan khas Indonesia dengan rasa yang konsisten di mana saja berada. Impian ini dibuat pasangan suami-istri Winata, sejak mendirikan PT Ikafood Putramas pada 1987 dengan menciptakan berbagai macam bumbu siap pakai yang ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Agar Bisnis Anda Bisa Berkembang Tips Wirausaha Anda sudah memulai berbisnis , namun Anda merasa tak ada kemajuan berarti dalam usaha Anda alias stagnan. Tentu, hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan mengancam kelanggengan bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda harus terus mencoba untuk mengembangkan bisnis ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Mendulang Rupiah dari Bisnis Kroto Pencinta burung kicau pasti sudah tidak asing dengan istilah kroto, yaitu telur semut rangrang atau Oecophylla smaragdina. Kroto banyak digunakan untuk pakan burung dan juga ikan. Permintaan kroto cukup tinggi, terutama dari para pencinta burung kicau. Padahal, keberadaannya di ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
- Raup Rupiah dengan Radio Jadul Bisnis Elektronik Banyak orang yang langsung teringat masa lalu jika melihat radio transistor. Gelombang yang dipancarakan biasanya SW atau AM. Nah, karena radio zaman dulu (jadul) selalu bikin kangen, Abdul Sobur pendiri Kriya Nusantara bikin radio unik dari ... Ide Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis
Jual Beli Online
Rating:
100%
based on 99998 ratings.
5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Menyelami Karakteristik Perusahaan Juara . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Artikel Menarik Lainnya :
Ditulis oleh:
Admin - Selasa, 30 Juli 2013
Belum ada komentar untuk "Menyelami Karakteristik Perusahaan Juara "
Posting Komentar