• HOME

Fenomena Barat dalam Adat Ketimuran


Fenomena Barat
dalam Adat Ketimuran
Kebudayaan  Indonesiayang sangat beranekaragam menjadi suatu kebanggaan dan tantangan bagi kita sebagai rakyat untuk mempertahankan serta mewarisi pada generasi selanjutnya. Seiring berkembangnya zaman, apa lagi di era globalisasi ini, timbulnya perubahan pola hidup masyakat yang lebih modern.
Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru, yakni kebudayaan asing yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya yang ada di Indonesia. Yang sangat kita takuti ialah jika masyarakat sudah tidak bisa memfilter budaya asing yang masuk yang akan meyebabkan kebudayaan kita hilang dan mengadopsi budaya barat.
Contoh fenomena barat yang sudah masuk
1.      Budaya dalam tata cara berpakaian
Dahulu dalam budaya kita sangatlah mementingkan tata cara berpakaian yang sopan dan tertutup sebagaimana budaya timur yang ada di Indonesia. Akan tetapi sekarang ini, akibat dari masuknya budaya luar mengakibatkan budaya timur tersebut berubah. Sekarang berpakaian yang membuka aurat serasa sudah menjadi kebiasaan yang sudah melekat erat didalam masyarakat kita dan di yakini hal tersebut ialah “trend” ataupun “gaul”.
2.      Makanan yang kita konsumsi
Steak,burger,dan sebagainya sudah menjadi makanan kita sehari-hari. Tanpa kita sadari jenis makanan tersebut termasuk salah satu dari pengaruh luar. Mungkin karena menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam mendapatkannya menjadikan kita terbiasa dalam mengkonsumsinya. Padahal, jenis tersebut tidak terdeteksi kehalalannya untuk mayoritas masyarakat kita yang beragama islam. Selain itu, saat ini makanan-makanan tersebut sudah tidak terjamin keberisihan dan kesehatannya.
3.      Menggunakan produk-produk asing
Jika kita amati, peralatan-peralatan yang ada dirumah kita adalah produk-produk dari luar. Bahkan mungkin semua yang kita miliki berasal dari luar. Anggapan masyarakat bahwa menggunakan produk asing adalah lebih bagus dan berkualitas dibandingkan produk dalam negeri. Hal ini menjadikan masyarakat kita menjadi konsumtif. Akibatnya, Negara asing mendapat untung yang besar, sebaliknya Negara kita mengalami kerugian besar.
4.      Pergaulan yang bebas
Sekarang ini, bukan hal yang tabu lagi dengan pergaulan remaja Indonesiayang bebas. Hal ini terjadi akibat gaya hidup yang mereka jalani mengacu pada gayahidup barat. Sungguh sangat menyedihkan, bangsa kita lambat laun akan hancur jika pergaulan bebas ini masih menjamur. Pergaulan bebas ini juga tidak memandang umur. Banyak siswa yang masih duduk di bangku SD ataupun SMP sudah terjerumus dalam pergaulan ini.
Dengan demikian, kita sebagai mahasiswa harus mengubah gaya hidup masyarakat saat ini dimulai dari diri sendiri dengan memiliki filter akan budaya asing yang masuk ke Negara ini, serta memberikan penyuluhan kepada pelajar SD, SMP, maupun SMA/Sederajat tentang bagaimana menyikapi dan memilah budaya-budaya asing^^
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Fenomena Barat dalam Adat Ketimuran. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Sabtu, 30 November 2013

Belum ada komentar untuk "Fenomena Barat dalam Adat Ketimuran"

Posting Komentar