• HOME

Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi


Proses pengambilan keputusan dalam organisasi adalah cara – cara yang dilakukan untuk mengambil suatu keputusan yang tepat dalam organisasi tersebut.Sebelum masuk untuk mengambil suatu keputusan dalam organisasi, ada yang disebut dengan proses mempengaruhi proses mempengaruhi adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi baik individu maupun kelompok yang menyebabkan terjadinya perubahan sikap dan perilaku serta kebiasaan dalm individu maupun kelompok tersebut.Dalam proses mempengaruhi juga terdapat faktor – faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut yaitu :
Metode mempengaruhi
·         Kekuatan fisik
Adalah proses mempengaruhi setiap individu maupun kelompok dengan menggunakan bagian fisik seperti tangan untuk mempengaruhinya.

·         Penggunaan sanksi
Adalah metode yang menggunakan sanksi untuk mempengaruhi individu maupun kelompokuntuk mengambil keputusan dan sanksi yang diberikan berupa sanksi positif ataupun negatif.

·         Keahlian
Adalah metode yang dilakukan seseorang yang memiliki keahlian tertentu untuk mempengaruhi individu maupun kelompok untuk mengambil suatu keputusan.

·         Kharisma (daya tarik)
Adalah metode yang dilakukan pada seseorang yang menggunakan kharismanya untuk menarik perhatian setiap  individu ataupun kelompok dalam mengambil suatu keputusan.

Setelah proses mempengaruhi dalam pengambilan keputusan, ada juga proses pengambilan keputusannya.Proses pengambilan keputusan adalah kegiatan untuk mendapatkan pemilihan diantara berbagai alternative, maksudnya adalah mengambil berbagai pilihan atau pendapat untuk dijadikan suatu keputusan.Dalam organisasi proses pengambilan keputusan itu sangatlah penting untuk kemajuan suatu organisasi tersebut,tetapi pada organisasi itu ada anggota – anggota yang ingin suaranya di dengar atau pendapatnya itu dipilih,jika pada setiap anggota hanya memikirkan ego mereka masing – masing, proses pengambilan keputusan tersebut bisa terhambat karena adanya suatu insiden yang menyebabkan proses tersebut menjadi lamban karena ketidakadaanya suatu kesepakatan bersama.Setiap pengambilan keputusan itu harus adanya kesepakatan bersama antara anggota – anggota yang lainnnya.Jika kita dalam proses pengambilan keputusan dalam organisasi itu harus dengan kepala dingin dan jangan terlalu terburu – buru dengan pengambilan keputusan,semua itu harus dengan teliti dan jelas agar keputusan yang diambil nanti tidak salah.
Apa yang terjadi jika organisasi itu berada pada suatu daerah dan daerah tersebut tidak menginginkan organisasi tersebut melakukan suatu program untuk daerah tersebut? Jawabannya adalah yang pertama kita harus memusyawarahkan kedua belah pihak antara ketua daerah tersebut dan ketua organisasi,setelah itu mulailah bicarakan dengan baik maksud dan tujuan dari organisasi tersebut kepada ketua daerah tersebut,memang jika adat istiadat suatu daerah itu memang keras maksudnya masih kental dengan pendirian mereka,jika terjadi seperti itu mau tidak mau dari pihak organisasi itu harus mengalah,jika kedua – duanya tidak ada yang saling mengalah,itu akan menjadi suatu konflik dan menjadi suatu permasalahan yang besar,jadi harus ada yang mengalah agar tidak terjadi suatu gesekan yang bisa menimbulkan suatu kerusuhan.
Dalam pengambilan keputusan,menurut saya yang paling tepat itu adalah dengan cara bermusyawarah karena dengan bermusyawarah kita tau duduk permasalahannya dan kita juga tau berbagia solusi yang di keluarkan dari anggota – anggota lain dan kita bisa mengambil suatu keputusan dengan baik,karena sebelumnya sudah dibicarakan dan disetujui bersama.Berbeda dengan voting,voting itu sendiri termasuk pengambilan keputusan yang modern yang mengambil suara tebanyak dan bisa melalui via sms,proses pengambilannya adalah dengan cara memilih salah satu kandidat misalnya dalam pemilihan artis terkenal dan kita mengirimnya dengan sms,jika salah satu kandidat ada yang mendapatka suara terbanyak maka itulah yang menjadi pemenangnya.
Tetapi itu semua tidak bisa langsung kita terapkan,kita harus lihat – lihat dulu keadaan yang terjadi,bila kita rasa sudah sesuai dengan permasalahnnya baru kita mulai memilih metode apa yang tepat untuk kita ambil keputusannya.
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Aneka Artikel Indonesia Terbaru
Ditulis oleh: Admin - Sabtu, 30 November 2013

Belum ada komentar untuk " Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi"

Posting Komentar